Latest News

Manfaat Sunat Dapat Menekan Resiko HIV Sampai Kanker

Manfaat sunat untuk kesehatan akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Sunat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum laki-laki muslim (pemeluk agama islam). Kewajiban ini sudah diteliti oleh beberapa peneliti-peneliti di berbagai Negara maju di dunia dan menjadi perdebatan mengenai manfaat yang diperoleh dari manfaat sunat ini secara medis.

Seperti yang dikutip dari kompas.com, namun demikian, saat ini salah satu Negara yang masuk kedalam rumpun Negara maju, yaitu Amerika menyimpulkan bahwa sunat memiliki nilai manfaat yang jauh lebih besar daripada resiko yang akan di timbulkan.

Manfaat Sunat Dapat Menekan Resiko HIV Sampai Kanker

Oleh karena itu sahabat ditipskesehatan, untuk mendukung statement ini pihak Amerika telah mengeluarkan panduan khusus yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (di AS disingkat CDC) mengenai prosedur sunat yang hendaknya dipatuhi oleh dokter atau tenaga medis yang ahli menyunat. Tahukah Anda? Jika laporan mengenai sunat yang dikeluarkan oleh pemerintah AS merupakan pertama kali bagi mereka.

Dari penelitian yang dilakukan oleh CDC Amerika, menyebutkan bahwa sunat memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan resiko terkena penyakit menular seksual bagi pria, seperti penyakit kanker penis sampai infeksi pada saluran kantong kemih. Selain itu diikuti juga statement yang dikeluarkan oleh para ahli di Afrika yang sudah melakukan penelitin selama tujuh tahun, mengungkapkan bahwa sunat dapat membantu mencegah penyebaran virus HIV AIDS.

Jika di Indonesia rata-rata sunat dilakukan jika si anak sudah menginjak masa sekolah, lain halnya dengan di Amerika. Sunat dilakukan ketika bayi baru dilahirkan. Untuk lebih memperjelas manfaat sunat, berikut manfaat sunat yang akan kita dapatkan, menurut CDC Amerika :
  • Dapat menurunkan resiko hingga 60% pria tertular HIV dari pasangannya yang sudah terinfeksi
  • Dapat mengurangi resiko Anda terkena strain dan herpes genital hingga 30% atau lebih
  • Dapat menurunkan resiko terjadinya infeksi pada saluran kemih hingga kanker pada penis
Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh pada pria yang di sunat. Jika Anda sudah mengetahui manfaat sunat yang sudah saya paparkan, bagi Anda yang belum sunat atau memiki putra yang belum sunat, mungkin ada saran untuk Anda untuk segera melakukan sunat baik itu untuk Anda sendiri maupun untuk putra Anda. Baca juga 5 Manfaat Dahsyat Lari Pagi untuk Kesehatan Anda.

0 Response to "Manfaat Sunat Dapat Menekan Resiko HIV Sampai Kanker"