Latest News

5 Tips Mudah dan Murah Untuk Kesehatan Jantung Anda

Sahabat ditipskesehatan, bicara mengenai kesehatan jantung, siapa sih yang mau jantungnya sakit-sakitan alias tidak sehat ? Pastinya kita semua menginginkan jantung yang sehat kan ? Oleh karena itu, disini saya akan membagikan tips-tips yang dapat menyehatkan jantung kita. Tips-tips yang akan saya bagikan adalah tips-tips yang sangat mudah dan murah yang pastinya akan menambah pengetahuan kita tentang bagaimana cara menjaga kesehatan jantung.


Tahukah Anda ?
Data statistik yang bersumber dari Kementrian Kesehatan, penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang menduduki peringkat 2 di Indonesia. Hal ini mengartikan bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang tidak boleh kita anggap remeh. Merujuk pada slogan kesehatan "lebih baik mencegah daripada mengobati", berikut hal-hal yang dapat kita lakukan agar jantung kita sehat :

1. Minum Cukup Air Putih
Cara mudah dan murah pertama adalah minumlah air putih secara teratur minimal 8 gelas sehari. Seperti yang kita ketahui bersama, air putih memiliki peran yang penting didalam tubuh untuk membantu proses metabolisme. Selain itu air putih yang akan minum akan meresap kedalam aliran darah yang selama ini dibutuhkan oleh jantung. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari jantung kita bisa lebih sehat.


2. Rutin Berolahraga
Cara mudah dan murah kedua adalah melakukan olahhraga rutin secara teratur. Pilihlah beberapa olahraga yang dapat membuat jantung Anda semakin kuat, sehingga akan membuat jantung Anda bertambah sehat. Setidaknya ada 5 jenis olahraga yang dapat menyehatkan jantung, yang dapat Anda pilih : berenang, bersepeda, berlari, dan senam aerobik.

3. Hindari Merokok
Cara mudah dan murah ketiga adalah jauhkan diri Anda dari rokok. Jika Anda saat ini tidak merokok, maka jangan sekali-kali Anda mencoba untuk merokok, dan sebisa mungkin hindari berdekatan dengan perokok karena asap yang Anda hirup dari perokok akan membahayakan jantung Anda. Jika Anda adalah perokok, maka mulai saat ini berlatihlah untuk berhenti merokok. Yakinkan diri Anda untuk berhenti merokok. Rokok mengandung zat-zat yang dapat menyebabkan kerusakan jantung, oleh karena itu perlu untuk Anda hindari.

4. Konsumsi Sayuran Kubis
Cara mudah dan murah keempat adalah konsumsilah sayuran yang harganya murah dan banyak kita jumpai di sekitar kita, yaitu sayuran kubis. Tahukah Anda, sayuran kubis memiliki kandungan fitronutrien, dimana kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Oleh karena itu, mulai hari ini jangan tinggalkan sayuran kubis di menu masakan Anda.

5. Tidur yang Cukup
Cara mudah dan murah kelima adalah menjaga pola tidur yang sehat, yaitu dengan tidur dengan rentan waktu yang cukup. Tahukah Anda, penelitian di bidang kedokteran yang dimuat di jurnal SLEEP menyebutkan bahwa tidur yang menyehatkan jantung adalah tidur dengan durasi waktu 7 jam sehari dan jangan melebihi itu, karena jika seseoranf tidur dengan durasi 9 jam perhari, malah akan membuat jantung menjadi tidak sehat.


Itulah 5 tips mudah dan murah untuk kesehatan jantung Anda. Setelah Anda mengetahui 5 tips tersebut, apakah Anda beranggapan bahwa menjaga kesehatan jantung adalah perkara yang sulit dan butuh biaya mahal ? Tentu tidak bukan ?

Perlu Anda ketahui, jika menjaga kesehatan jantung itu mudah dan murah. Maka hal ini tidak berlaku sebaliknya. Mengobati jantung yang tidak sehat / sakit membutuhkan usaha yang ekstra dan biaya yang tergolong mahal. Data klaim dari sebuah badan penyelenggara jaminan sosial menyebutkan bahwa, klaim terbanyak untuk biaya penyakit jantung mencapai 5,46 Triliun dalam 3,9 juta kasus. Angka tersebut merupakan angka yang fantastis bukan ? Oleh karena itu marilah kita bersama-sama menjaga kesehatan jantung kita.

0 Response to "5 Tips Mudah dan Murah Untuk Kesehatan Jantung Anda"